10 Mei 2021 | 09:14
You are here:  / Berita / Kegiatan / Kemahasiswaan / Kompetisi PKM / Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa Tingkat Fakultas 2020

Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa Tingkat Fakultas 2020

Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) FKM Unej merupakan sebuah kompetisi karya Proposal PKM tingkat fakultas yang diadakan oleh UKM Lentera. Kompetisi ini diselenggarakan setiap tahun dimana sekelompok mahasiswa berlomba untuk menyusun karya ilmiah dengan topik yang kreatif untuk dilombakan dengan kelompok lain. Terdapat 7 jenis PKM yang dapat di ikuti oleh mahasiswa yaitu:

  1. PKM Penelitian (PKM-P)
  2. PKM Kewirausahaan (PKM-K)
  3. PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M)
  4. PKM Penerapan Teknologi (PKM-T)
  5. PKM Karya Cipta (PKM-KC)
  6. PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT)
  7. PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI)

Tahun ini pelaksanaan Kompetisi PKM sedikit berbeda karena diadakan secara daring melalui video conference. Walaupun demikian, antusiasme mahasiswa FKM cukup meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Tercatat sebanyak 16 proposal yang terdaftar dan 10 diantaranya lolos untuk dipresentasikan dihadapan para dewan juri. Ada tiga juri yang sangat luar biasa pada Kompetisi PKM tahun ini yaitu Ibu Dr. Dewi Rokhmah, S.KM, M.Kes, Bapak Dr. Isa Ma’rufi, S.KM, M.Kes, dan Ibu Anita Dewi Moelyaningrum, S.KM, M.Kes.

Terdapat dua babak dalam kompetisi ini, yaitu:

  1. babak pertama, babak seleksi proposal untuk menentukan tim yang lolos ke tahap selanjutnya
  2. babak kedua, yakni tahap final dimana terpilih 3 tim terbaik

Babak final diadakan pada hari Sabtu, 12 September 2020 kemarin melalui Video Conference Zoom Meetings. Kegiatan berlangsung dengan lancar sampai tahap pengumuman pemenang.

Semua peserta yang lolos ke tahap final mempresentasikan karyanya dengan penuh semangat dan percaya diri walaupun waktu yang disediakan cukup terbatas. Bahkan salah satu peserta yang mengangkat jenis PKM-KC dapat mempraktikkan langsung karyanya. Dalam sebuah kompetisi, suatu kemenangan dan kekalahan memang adalah hal yang wajar, yang terpenting adalah usaha dan proses yang dilakukan dalam mewujudkannya. Pemenang dari Kompetisi PKM Tingkat Fakultas diraih oleh Tim 12 yang beranggotakan Dede Nuri Susanta, Ismi Nur Afidah, dan Rifqy Afiqiyah yang mengirimkan PKM-KC dengan judul CUSTINLECTOR (Custom Infinity Electrical Generator) Portable: Inovasi Pembangkit Listrik Powerfull Free Energy Portable sebagai Solusi Permasalahan Listrik dalam Mewujudkan SDGS 2030.

Selanjutnya, semua tim yang telah mendaftar akan difasilitasi oleh panitia Kompetisi PKM Tingkat Fakultas (UKM Lentera) untuk menuju Kompetisi PKM tingkat Universitas yakni PKM Raya yang dilaksanakan oleh UKM Pelita sebagai UKM Penalaran Universitas. Pada PKM Raya, karya PKM yang lolos tahap finalis akan mempresentasikan karyanya dan berkompetisi dengan PKM sejenis. Setelah melalui PKM Raya, karya-karya PKM tersebut akan melalui tahap administrasi untuk mendapatkan dana hibah dari Dirjen Pendidikan Tinggi sehingga kemudian dapat merealisasikan karya PKM-nya. Setelah mendapat dana hibah dan merealisasikan karyanya, kelompok akan menyusun laporan kemajuan untuk dievaluasi sehingga dapat lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Pada tahun ini, salah satu tim dari FKM Unej berhasil membawa karyanya lolos pendanaan PKM dari Dirjen Dikti. Tim tersebut beranggotakan Ivan Rizalfiandrinata, Hilda Nur Abidah, Aditya Bambang Setiawan, Dwi Estu Pratiwi, dan Iklil Sulaiman. Karya PKM yang dikirimkan adalah PKM-K (Kewirausahaan) dengan judul PILUS MORCAV (Moringa cassava): Inovasi Pilus Manfaatkan Potensi Lokal Alternatif Healthy Foodies.

Penulis : Jamilatul Wahida (mhs)
Penyunting : dimas

Lingkar Penelitian dan Penalaran Mahasiswa

Jujur. Kreatif. Solutif.

Instagram | Web | Youtube

Narahubung

085 337 598 012 (Fiskan Adi – Kahumas)

ukmlenterafkmunej21@gmail.com